Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Spesial

Posted by

Resep Membuat Nasi Goreng Spesial - Nasi Goreng atau Cinta Laura Bilang " Nasyi Gowreng" merupakan makanan yang hampir digemari seluruh orang Indonesia. Mulai dari tenda pinggir jalan hingga restoran mewah, menyajikan menu nasi goreng.

Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Spesial
Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Spesial
Selain karena membuat nasi goreng yang sangat mudah, nasi goreng menjadi pilihan karena nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia. Nasi goreng dijadikan sarapan pagi dengan secangkir teh. Nasi goreng juga menjadi santap saat malam hari, jajanan malam juga biasanya menyediakan nasi goreng, terutama nasi goreng khas sebuah daerah.

Beragam olahan nasi goreng yang biasanya cuma dilengkapi dengan timun atau tomat serta telur ceplok, kini juga divariasikan menjadi beragam mulai dari nasi goreng pete, nasi goreng sea foot dan masih banyak yang lainnya.

Nah, tentunya jika bosan dengan beragam nasi goreng atau ingin mencoba varian nasi goreng lainnya, nenoesia melengkapi resep dan cara membuat nasi goreng spesial untuk anda semua.

Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Ala Restoran

Bahan-Bahan Nasi Goreng Spesial

  1. Dua piring nasi putih
  2. Dua siung bawang putih
  3. Tiga siung bawang merah
  4. Dua buah cabe rawit potong serong
  5. Saos tomat secukupnya
  6. Daun bawang satu batang
  7. Satu butir telur
  8. Dua sendok makan minyak goreng
  9. Merica secukupnya atau sesuai selera
  10. Garam
  11. Ayam, udang, dan bakso sesuai selera

Cara Memasak Nasi Goreng Spesial

  1. Tuang minyak goreng ke dalam wajan, lalu panaskan wajan dengan api sedang.
  2. Masukkan telur, lalu orak-arik hingga matang.
  3. Masukkan bawang putih, bawang merah dan cabe yang telah dihaluskan hingga matang dan berbau harum.
  4. Masukkan bahan campuran seperti ayam, udang, dan sebagainya, lalu aduk hingga rata dan matang.
  5. Tambahkan minyak wijen secukupnya untuk menambah aroma gurih.
  6. Masukkan nasi putih, aduk hingga rata dengan semua bahan diatas, lalu tambahkan dengan saos tomat, garam dan merica hingga merata.
  7. Angkat dan nasi goreng siap untuk dihidangkan.
  8. Untuk mempercantik nasi goreng tersebut bisa ditambahkan dengan tomat, acar, dan irisan cabe merah sesuai selera.

Tips Memasak Nasi Goreng Agar Lebih Enak

Nasi yang digunakan untuk memasak nasi goreng sebaiknya kering. Nasi kering yang dimaksud ini adalah nasi yang sudah dimasak sehari sebelumnya sehingga memiliki tekstur yang lebih kering dan mudah dimasak. Atau bisa juga ditaruh didalam kulkas selama beberapa jam agar tekstur nasinya lebih kenyal.

Gunakan wajan yang lebar saat memasak nasi goreng. Hal ini bertujuan agar seluruh komposisi nasi goreng bisa teraduk sempurna. Karena wajan yang lebar ini juga bisa mencegah nasi goreng serta isinya berhamburan keluar saat sedang diaduk-aduk.

Gunakan api besar saat detik terakhir Anda ingin menyudahi memasak nasi goreng. Begitu semua bumbu telah tercampur sempurna dengan nasi, baru besarkan apinya (pakai kompor bertekanan tinggi atau high pressure) dan nasi terus diaduk dengan sangat cepat hingga hampir gosong, ingat bukan gosong lho ya, tapi hampir, dengan tandanya yang sudah mulai keluar asap dan aroma dari bumbu semakin tajam. Hal ini yang membuat nasi goreng resto rasanya enak dan bikin ketagihan, aromanya berbeda kalau dimasak dengan kompor rumah (kompor bertekanan rendah atau low pressure). Tentu saja teknik hampir gosong ini tergolong sulit dilakukan bagi Anda yang belum terbiasa memasak nasi goreng, karena sedikit saja terlambat, nasi goreng akan over cook sehingga tidak enak untuk disantap.

Perlu diingat satu hal bahwa mengapa nasi goreng buatan resto terasa spesial adalah karena aromanya yang khas. Aroma khas ini dihasilkan dari suhu panas dari api saat pemasakan. Suhu yang tinggi juga mencegah nasi menempel pada wajan dan membuat tekstur nasinya kering enak.

Sebaiknya Anda jangan terlalu mengikuti atau terpaku pada resep. Anda bisa berimprovisasi dengan bahan-bahan dan komposisi yang dimasukkan ke dalam racikan nasi goreng. Anda bisa menggunakan daging kambing, sosis, hingga sayuran seperti irisan wortel dan buncis.

Terima kasih telah membaca resep dan cara membuat nasi goreng spesial di nenoesia, nantikan cara membuat nasi goreng spesial lainnya.


Blog, Updated at: 21.53

0 komentar:

Posting Komentar

Hot Topic

Diberdayakan oleh Blogger.